Biji kopi atau kopi bubuk?

Biji kopi atau kopi bubuk?

Banyak orang yang membeli kopi bubuk karena praktis. Padahal, membeli kopi biji lebih baik karena lebih awet. Kopi yang baru digiling saat diseduh juga menghasilkan aroma yang lebih kuat. Ini karena biji kopi yang utuh melindungi aroma wangi khas kopi agar tidak mudah keluar.

Piihan tersebut kerap terbesit bagi para penikmat kopi yang baru mulai menyeduh kopi sendiri. Antara bingung dan tidak tahu untuk membeli kopi dalam bentuk biji kopi atau bubuk. Mungkin sebagian berpikir kalau membeli biji kopi harus menggiling kopi sendiri  dan harus mengetahui takaran biji kopi yang akan digiling. Sedangkan, kopi bubuk tinggal menuangkan ke filter dan menyeduhnya. Sesederhana itu. Apakah Anda membeli kopi bubuk karena cara penyajiannya jauh lebih praktis? Kopi bubuk lebih terlihat lebih sederhana. Namun, apa yang membedakan?

Biji kopi memang memiliki daya tahan yang jauh lebih lama daripada kopi bubuk, namun cara menyimpannya tidak bisa menggunakan sembarang wadah. Biji kopi akan bertahan lama kualitasnya jika di simpan di dalam wadah yang memiliki one way valve untuk mengeluarkan zat karbondioksida yang terkandung dalam kopi.

Ketika kopi digiling, bagian luar kopi akan pecah lalu seluruh bagian kopi akan terekspos dan berkontak dengan udara. Terpapar udara terlalu lama akan membuat kopi kehilangan aromanya karena gas dalam kopi akan terlepas. Meski hal ini tidak terelakkan, namun dapat diminimalisir dengan menyimpan kopi yang masih utuh. Pada penyimpanan di wadah tertutup, aroma pada biji kopi dapat bertahan hingga 2-3 bulan. Sementara aroma pada kopi bubuk biasanya hanya mampu bertahan hingga maksimal satu bulan saja.

Bagi Anda yang menyeduh kopi Anda sendiri, salah satu cara untuk membuat kopi Anda lebih nikmat adalah dengan membeli kopi biji (whole beans) dan menggiling kopi sendiri. Karena gas dalam biji lebih terjaga, otomatis aroma akan lebih kuat saat kopi digiling sesaat sebelum diseduh. Rasa pada kopi juga lebih terjaga karena lebih sedikit terpapar udara yang mungkin merubah rasa pada kopi bubuk. Tentu saja Anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk membeli penggiling kopi atau grinder. Namun memiliki penggiling kopi baik manual atau otomatis akan membantu memaksimalkan kenikmatan Anda minum kopi.

Bagaimana dengan kopi bubuk? Ketika biji kopi digiling, maka bagian biji kopi akan hancur dan akan terjadi kontak langsung dengan udara (oksigen). Prinsipnya, semakin terkena banyak udara, maka gas yang terkandung pada kopi akan mudah hilang. Kopi bubuk Anda yang tersimpan tidak akan dominan lagi aromanya. Apabila untuk alasan praktis Anda tetap ingin membeli bubuk kopi, perhatikan roastery tempat anda membeli kopi. Pilihlah roastery yang hanya mengirimkan kopi bubuk yang fresh digiling sebelum dikirim.