Puslitkoka Indonesia

CCSTP (Coffee and Cocoa Science Techno Park) atau dikenal juga dengan PusLit Kopi dan Kakao Indonesia, merupakan sebuah kawasan yang dikelola secara profesional guna menginisiasi dan menyalurkan inovasi teknologi hulu sampai hilir semua pelaku usaha pemula di sektor industri berbasis kopi dan coklat. CCSTP ini bertujuan mencetak entrepreneur-entrepreneur baru pendorong pertumbuhan ekonomi. Tempat ini diresmikan oleh Menristek Dikti, Prof. H. M. Nasir pada 20 Mei 2016.

Meski awalnya hanyalah sebuah perkebunan biasa. Tapi, sejak 1 Agustus 2016, sebagian dari aktivitas/fungsi CCSTP dikelola sebagai destinasi wisata pendidikan (eduwisata) yang terbuka untuk umum. Pengunjung akan mendapat fasilitas tour kebun hanya dengan mengeluarkan uang 10 ribu rupiah. Kita bisa melihat perkebunan kopi dan kakao serta penangkaran satwa yang dilindungi. Tour kebun ini tidak akan membuat pengunjung lelah, karena ada fasilitas moda transportasi eduwisata, sebuah mobil yang didesain menggunakan kayu dan bisa ditumpangi sekitar 12-15 penumpang. Selain itu, ada seorang tour guide yang menerangkan dari A sampai Z tentang kopi dan coklat.

dokumentasi pribadiSelain tour kebun, pengunjung pun diajak untuk mengunjungi pabrik pengolahan kopi dan kakako. Ada juga workshop rekayasa alat dan mesin pengolahan kopi dan kakao. Di tempat ini pula, disediakan mesin-mesin pengolahan untuk dijual kembali dengan fasilitas pendampingan.

dokumentasi pribadiSetelah puas berkeliling dan mendapat ilmu tentang kopi dan kakao, kita bisa mengunjungi outlet produk hilir kopi dan kakao. Tersedia juga cafe untuk melepas lelah sambil menikmati produk olahan kopi dan kakao. Oya, jangan khawatir dengan harganya ya. Pokoknya nggak bikin rekening berkurang drastis deh.

Oya, sedikit informasi, CCSTP ini berada di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember. Untuk menuju ke lokasi eduwisata ini, kita bisa mengambil jalur Perempatan Mangli ke arah Kecamatan Jenggawa yang berjarak sekitar 8 km.  Setelah melewati perbatasan Kecamatan Ajung dan Jenggawa, kita bisa melihat penunjuk arah menuju CCSTP. Dari petunjuk arah tersebut, kita tinggal menempuh sekitar 5 km menuju lokasi. Dan yang perlu diperhatikan juga, tempat ini buka setiap hari mulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Pokoknya, kalau teman-teman mengunjungi Jember, jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini.

Sumber: Kompasiana